Profil Ki Eko Suwaryo


Ki Eko Suwaryo ,dalang kelahiran Kebumen 23 Januari 1981 pantas menjadi pilihan dan favorit pandemen wayang di wilayah Kebumen ,Banyumas dan daerah-daerah lainnya oleh karena berhasil memadukan olah ilmu pedalangan,pengalaman dan sikap pribadinya yang tetap rendah hati.
Sikap yang terpuji yang menandakan seorang dalang berhasil menampilkan citra diri dan perannya. Dalang bukan hanya sebagai budayawan belaka yang menyajikan hiburan diatas panggung,

Dalang adalah sosok penyampai pesan -pesan moral ,nilai nilai spiritual sebuah pesan ajaran budi pekerti yang bersumber dari agama .Dia tidak hanya sosok yang digandrungi dipuja puja oleh pandemen wayang namun tak kalah hebatnya mampu menampilan sikap perilaku yang menyatu dengan pribadinya.

Ki Eko Suwaryo dapat dijadikan panutan dalang dalang muda dan remaja dengan tetap membumi menyatu dengan etika,sosial budaya yang tumbuh dan hidup dimasyarakat yang telah ada sejak jaman dahulu kala.
Sangat wajar jika dalang remaja Ki Wahyu Eko Pamungkas yang masih muda belia sangat mengandrungi Ki Eko Suwaryo bahkan dengan iklas dan rela hati membimbingnya menjadi dalang remaja yang mulai kondang di Cilacap ,Banyumas, Kebumen ,Purbalingga.Nama Ki Eko Suwaryo terselip diantara nama Ki Wahyu Eko Pamungkas yaitu nama "Eko" menjadi simbol pengakuan Ki Wahyu Eko Pamungkas kepada Ki Eko Suwaryo sebagai orang tua, guru,dan sahabat.

Source photo: Sony Photograpy