Profil Ki Sugino Siswocarito

Dalang Ki Sugino Siswocarito, lahir di Desa Sawangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, 14 Mei 1937. Almarhum meninggalkan dua orang isteri, Suwarti dan Warsinah. Sedangkan isteri pertamanya, Nasiatik, sudah wafat terlebih dulu.

Dari isteri pertamanya, beliau memiliki dua orang anak kandung Nurnaini dan Ajen Susworo, kemudian memiliki tujuh orang cucu dan 3 orang cicit. Selain kedua anak kandung, almarhum juga memiliki seorang anak angkat, Sekarsiwi.

Ia meninggal dunia di RS Panti Rapih Yogyakarta, Ahad (20/1) sekitar pukuk 23.25 WIB.

''Sebelum meninggal, beliau mengalami sakit komplikasi berupa gagal ginjal dan tumor kandung kemih,'' kata Nurnaini (50), peteri kedua almarhum.

Jenasah almarhum, tiba di rumah duka Desa Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, Senin (21/1) pukul 04.55. Rencananya, akan dimakamkan di pemakaman umum tanah kelahirannya Desa Sawangan Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Semasa hidupnya, beliau merupakan salah satu maestro dalang gagrak Banyumasan. Bersama Ki Dalang Sugito Purbocarito, kedua tokoh dalang ini merupakan duo dalang Banyumasan yang sejak tahun 60-an sudah mulai mendalang. ''Setahu saya, sejak saya masih anak-anak, bapak sudah mendalang,'' katanya.

Dengan kiprahnya itu, almarhum dapat disejajarkan dengan beberapa tokoh dalang besar lainnya di Indonesia. Bila untuk wayang kulit gaya Solo-an dikenal dalang Narthosabdo, gaya Yogya ada Ki Timbul Hadi Prayitno, maka untuk wayang kulit gaya Banyumasan identik dengan dalang Ki Sugino Siswocarito.

Sumber