November 4, 2011

Siapkan Hal Sederhana Ini Sebelum Studi ke Luar Negeri


Melanjutkan studi di luar negeri mungkin menjadi impian banyak orang. Apalagi, jika ada kesempatan meraih beasiswa di universitas terkemuka di negara-negara maju. Sebelum menjemput kesempatan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk studi ke luar negeri. Apa saja dan bagaimana cara menilik peluang beasiswa yang ada?

Ariono Hadipuro, salah seorang mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih beasiswa dan melanjutkan studi di salah satu universitas di Inggris berbagi sejumlah langkah sederhana tapi penting untuk diperhatikan ketika ingin studi di luar negeri.

Apa yang diharapkan setelah menempuh studi?

Menurutnya, hal utama yang harus dipersiapkan secara matang adalah apa yang ingin dilakukan setelah selesai menempuh studi. Hal ini menjadi penting, karena akan berkaitan langsung dengan program studi apa yang akan kita pilih. Pikirkan program studi yang akan dipilih berulang kali. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan diantaranya, apakah sudah tepat dan sesuai dengan apa yang kita rencanakan setelah menyelesaikan program studi tersebut.

“Banyak yang lupa dan tidak memikirkan itu. Aakhirnya merasa tidak sesuai ketika berada di tengah jalan,” kata Ariono, Senin (10/10/2011) malam, dalam diskusi mengenai studi luar negeri, di Jakarta.

Gali informasi mengenai universitas

Langkah selanjutnya, galilah informasi secara mendalam mengenai universitas yang akan kita tuju. Apakah universitas tersebut menyediakan program studi yang akan kita pilih dan bagaimana kualitasnya?

Pria yang akrab disapa Ono ini menjelaskan, penggalian informasi tersebut dapat dilakukan melalui pencarian di internet. Akan tetapi, menurutnya, cara yang lebih aman adalah melalui pihak-pihak yang netral. Misalnya, menggali informasi dari para alumninya, atau melalui kedutaan besar negara-negara yang akan kita tuju.

“Sekarang ini banyak konsultan pendidikan yang menurut saya tidak netral karena hanya memberikan informasi dari beberapa institusi yang terkait dengan mereka. Maka sebaiknya cari informasi dari pihak yang lebih netral,” jelas Ono, yang kini bekerja di Nuffic NESO Indonesia, sebuah lembaga yang menangani kerjasama internasional pendidikan tinggi, khususnya di Belanda.

Ingat, kesempatan selalu terbuka lebar

Hal yang perlu diingat, kesempatan untuk studi ke luar negeri selalu terbuka lebar. Akan tetapi, kesempatan itu menjadi terbatas karena banyaknya kandidat yang berburu melalui jalur beasiswa.

“Untuk beasiswa, kita harus tahu posisi kita karena terkadang ada syarat tertentu dari pendonornya. Kenali tujuan beasiswanya, beberapa negara memberikan beasiswa karena ingin mempererat hubungan bilateral, tetapi ada juga yang khusus diberikan pada orang tertentu yang dianggap pintar,” ujarnya.

Jadi, selamat berburu beasiswa!

Sumber: http://bit.ly/pCnpqJ

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini