January 1, 2009

Tujuh Kuota CPNS Dikembalikan ke Pusat

Dari 338 kuota CPNS bagi pelamar umum yang disediakan oleh Pemkab Temanggung, tujuh diantaranya akan dikembalikan ke Pusat. Pasalnya, hingga batas waktu pendaftaran tidak ada pelamar yang memenuhi ketentuan persyaratan.

Koordinator Penelitian Berkas CPNS, Sri Hariyanto didampingi Kasubid Perencanaan dan Formasi Pegawai, Tusi Indreswari mengatakan, kuota CPNS yang kosong ini mayoritas berasal dari formasi dokter spesialis.

‘‘Tahun ini Pemkab menyediakan enam lowongan. Tapi ternyata tidak ada satu pun pelamar yang memenuhi syarat,’’ ujar dia saat ditemui di kantornya, Rabu (31/12). Selain dokter spesialis, formasi lain yang akan dikembalikan adalah tenaga kebidanan dari kualifikasi pendidikan tingkat strata satu (S1).

Menurut Tusi, sepinya peminat untuk formasi dokter spesialis sudah bukan hal yang baru lagi. ‘‘Ini sudah terjadi beberapa kali dan bukan hanya di Temanggung. Setiap kali dibuka lowongan, bisa dipastikan akan sangat sedikit pelamarnya,’’ katanya.

Padahal di sisi lain, kebutuhan akan adanya dokter spesialis di rumah sakit sudah masuk dalam kategori mendesak. Berangkat dari alasan ini, pihaknya berharap di masa mendatang persyaratan untuk formasi tersebut bisa diubah. Dijelaskan oleh Sri, persyaratan bagi calon pelamar lowongan dokter spesialis juga sama dengan formasi lainnya, yakni masih mengikuti ketentuan PP 11/2002.


Sesuai aturan ini, bagi pelamar CPNS yang berusia antara 35-40 tahun diharuskan memiliki masa kerja minimal 11 tahun 8 bulan. Sedangkan pelamar yang usianya dibawah 35 tahun, tidak disyaratkan masa kerja. Sementara di lain pihak, sangat jarang lulusan dokter spesialis yang bisa memenuhi syarat tersebut.

Adapun untuk formasi kebidanan dari jenjang S1, Sri optimistis akan mampu terisi jika lain waktu akan kembali diadakan. ‘‘Saat ini baru ada dua institusi yang membuka jurusan untuk jenjang pendidikan tersebut, yakni di Jakarta dan Surabaya. Lulusannya sampai sekarang memang masih sedikit,’’ paparnya.

Dari pantauan Suara Merdeka, proses pengumuman hasil tes CPNS di halaman kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Temanggung berjalan tertib dan lancar. Kendati puluhan warga saling berdesakan untuk melihat pengumuman yang ditempel di papan, namun situasi keamanan masih bisa terkendali.

Uswatun, warga Parakan mengaku cukup puas dengan proses pengadaan CPNS tahun ini. ‘‘Lebih transparan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Waktu pemberkasannnya juga lebih panjang, sekarang sampai dua minggu dulu hanya 3 hari,’’ ujar dia.
From: http://suaramerdeka.com/

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini