October 18, 2008

Hak Rakyat Mencari Pemimpin Jangan Dibatasi

From: http://www.kapanlagi.com/h/0000256854.html
Ketua Umum Partai Hanura Jenderal (Purn) Wiranto menyatakan siapa pun tidak boleh membatasi rakyat untuk mencari pemimpin bangsa dan negara yang terbaik, termasuk peraturan yang mensyaratkan seseorang untuk maju menjadi calon presiden dan calon wakil presiden.

"Rakyat tidak boleh dibatasi dalam mencari pemimpin, misalnya dengan undang-undang bahwa calon harus diusung partai sebanyak 30%," kata Wiranto disela-sela acara halal bihalal KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) di Jakarta, Jumat malam.

Seperti diketahui, saat ini Dewan Perwakilan Rakyat masih membahas RUU Pilpres di mana masih terdapat masalah krusial yang cukup alot dibahas oleh para wakil rakyat, antara lain tentang syarat persentase untuk maju menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Dalam pembahasan itu ada yang mengusulkan 20 dan 30%.

"Kenapa tidak 70 persen saja sekalian. Mungkin bisa menghemat biaya pemilu," ucap Wiranto yang pernah menjadi calon presiden dari Partai Golkar pada Pemilu 2004 lalu.

Dalam kesempatan itu, Wiranto juga memaparkan tentang kemandirian bangsa. Dalam pandangan Wiranto, bangsa Indonesia dewasa ini belum mencapai tahapan sebagai bangsa yang mandiri. "Ada beberapa persyaratan sebuah bangsa disebut mandiri, yaitu punya posisi tawar, tidak tergantung negara lain, tidak ditekan atau diintervensi negara lain," jelasnya.

Menurut mantan Menkopolkam ini, bangsa Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut. "Kita tidak punya posisi tawar dalam percaturan internasional," ujarnya.

Bahkan meskipun Indonesia diincar negara-negara lain karena memiliki sumber daya alam yang kaya, kata Wiranto, dalam persaingan global bangsa ini belum siap. "Kita belum siap karena masih banyak masalah domestik yang harus digeluti," ujarnya lagi.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini