April 17, 2008

Virus Komputer Sudah Terlihat Bentuknya


Virus komputer memang selalu menjengkelkan. Rangakain kode yang disusun untuk mengganggu kelancaran kerja komputer atau bahkan membuatnya tak berdaya ini kadang tak diketahui datangnya. Virus bisa menyamar menjadi file lain dan mengelabuhi pengguna komputer sehingga secara tidak sengaja telah menjalankannya.

Kalau selama ini banyak pakar komputer yang berusaha mencari cara untuk melumpuhkan virus komputer, ternyata ada seorang peneliti komputer yang sekaligus seorang seniman malah mencoba menggambarkan bentuk virus yang ada di dunia maya ini.

Alex Dragulescu yang kelahiran Romania ini mencoba membongkar kode dari worm 'Mydoom' dan spam 'Degreediploma5' lalu mencari pola dari rangkaian kode di dalamnya. Pola itu kemudian ia masukkan ke dalam program yang dibuatnya dengan algoritma untuk diubah menjadi bentuk visual.

Usaha yang didukung oleh MessageLabs, sebuah perusahaan piranti lunak anti-virus di Inggris, ini bukan usaha mudah. MessageLabs harus lebih dulu menjinakkan kedua file berbahaya itu sebelum mengirimnya ke komputer Alex agar komputer Alex tidak tertular oleh kedua virus itu.

Menurut Alex, di dalam kerumitan rangkaian kode virus itu ada keindahan yang tersembunyi. "Jenis virus ini sangat cerdas. Bisa dibilang sebuah organisme digital yang mampu meradaptasi dan berkembang biak. Kami ingin menangkap sisi unik dan khas mereka dan menuangkannya secara visual", ungkap Alex saat memamerkan karya seninya di sebuah galeri di San Fransisco.

Untuk karya selanjutnya, Alex ingin membuat lukisan abstrak dari orang-orang dari isi blog mereka dan dari jenis komunitas online tempat mereka bergabung.
Sumber : Kapanlagi.com

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini