April 9, 2008

Kesehatan Para Blogger Terancam


Kapanlagi.com - Komunitas blogger mulai merasa khawatir akan pengaruh buruk kegiatan blogging terhadap kesehatan mereka. Kekhawatiran ini menyusul peristiwa tragis meninggalnya 2 orang top blogger akibat serangan jantung beberapa waktu lalu.

Keharusan untuk selalu mengabarkan berita terkini dan persaingan menjadi sumber berita terbaik telah membuat para blogger menderita stress. Para penulis selalu ini berusaha menyajikan berita yang terbaru buat pembacanya. Mereka mengaku bahwa mereka selalu dihantui perasaan bahwa mereka akan ketinggalan berita bahkan saat mereka sedang istirahat sekalipun.

Russell Shaw yang meninggal dalam usia 60 tahun adalah seorang blogger yang cukup aktif semasa hidupnya. Russel yang selalu mengisi berita-berita teknologi ini meninggal akibat serangan jantung. Sebelumnya Marc Orchant yang juga mengisi berita-berita teknologi juga meninggal akibat serangan jantung. Marc meninggal dalam usia 50 tahun. Sementara Om Malik yang berusia 41 tahun berhasil selamat dari serangan jantung.

Berbeda dengan media konvensional yang selalu terbit pada waktu-waktu yang tertentu, internet tidak pernah tidur. Para penulis harus selalu siap menyajikan berita secepat mungkin karena pada saat yang sama mungkin sudah ada orang yang sedang mencari berita terbaru. Keadaan inilah yang membuat para blogger mengalami tingkat stress yang lebih tinggi dari pada penulis di media cetak.

Sementara Michael Arrington yang adalah pendiri dan juga co-editor dari TechCrunch mengatakan bahwa ia sendiri mengalami gangguan tidur dan berat badannya naik sekitar 15 kg selama 3 tahun terakhir. Michael sendiri mengaku pernah harus masuk rumah sakit karena menderita stress berat.

Walaupun kematian Marc dan Russel sendiri tidak pernah disangkut pautkan dengan perkerjaannya sebagai blogger, namun tingkat stress yang dialami mereka sehari-hari bisa menjadi salah satu faktor.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini