April 9, 2008

Cina Tidak Akan Blokir Internet Selama Olimpiade


Kapanlagi.com - Cina yang akan menjadi tuan rumah pesta olah raga Olimpiade ke 29 berjanji tidak akan blokir akses internet selama Olimpiade berlangsung. International Olympic Committee yang berbasis di Lausanne, Swiss sebagai panitia penyelenggara Olimpiade telah mengadakan sekurangnya 10 kali inspeksi mengenai kesiapan Cina sebagai tuan rumah.

International Olympic Committee yang didirikan oleh Pierre de Coubertin dan Demetrios Vikelas 23 Juni 1894 adalah organisasi yang menyelenggarakan Olimpiade musim panas dan musim dingin setiap empat tahun sekali. Organisasi yang saat ini dipimpin oleh Jacques Rogge ini saat ini telah beranggotakan 205 negara.

Pihak IOC merasa puas dengan persiapan dan usaha Cina dalam mempersiapkan pesta olah raga terbesar ini. Awalnya pemerintah Cina tidak mengijinkan pengambilan gambar di lapangan Tiananmen selama Olimpiade. Pemerintah Cina bahkan berencana untuk memberi jeda waktu penayangan acara Olimpiade agar pemerintah dapat mengadakan screening dan kemungkinan akan menghilangkan beberapa tayangan yang dianggap harus disensor. Namun setelah bernegosiasi, pemerintah Cina akhirnya setuju tidak melakukan sensor terhadap tayangan Olimpiade ini.

Keputusan Cina untuk melakukan sensor terhadap siaran langsung Olimpiade ini adalah sebagai tindak lanjut dari blokir Cina terhadap beberapa situs asing termasuk YouTube dan Wikipedia yang menayangkan berita dan video tentang pemberontakan yang terjadi di Tibet beberapa waktu yang lalu.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini