March 15, 2008

Jackie Chan Makamkan Ayahnya di Australia

Canberra (ANTARA News) - Bintang film laga Hong Kong, Jackie Chan, datang ke Australia, Sabtu, untuk memakamkan ayahnya disamping kuburan sang ibu yang hampir enam tahun lalu meninggal di Canberra, ibukota Australia.

Ayah Jackie, Charlie, meninggal di rumah sakit di Hong Kong pada 26 Februari pada usia 93 tahun akibat kanker prostat.

Jackie membawa jenazahnya kembali ke Canberra untuk dikuburkan di samping Lee Lee Chan yang meninggal pada tahun 2002.

"Hari yang sulit. Saya sangat mencintai ayah karena dia berbuat sangat banyak kepada saya ketika saya masih muda. Keluarga kami sangat miskin dan dia meninggalkan Hong Kong demi keluarga. Bagi saya dia ayah paling hebat," kata Jackie kepada para wartawan.

Ratusan pelayat termasuk duta besar Amerika Serikat dan deputi utusan China menghadiri upacara pelepasan di perkebunan anggur yang rindang di pinggiran Canberra, sebelum jenazah dikuburkan di suatu pemakaman tidak jauh dari tempat acara.

Jackie tiba lebih dulu dan mengenakan setelan sulaman dengan manik-manik hitam dan kacamata hitam. Dia berjalan melewati kebun anggur dan sejumlah rangkaian bunga yang berjajar di sepanjang pintu masuk ke kompleks pengolahan anggur De Vine.

Di dalam gedung, tergantung foto Charlie Chan dengan topi pancing serta pipa kayu kesayangannya.

Jackie Chan, bintang film Hollywood seperti "Rush Hour" dan "Rumble in the Bronx", tiba di Australia saat berumur enam tahun, menyusul ayahnya yang pindah untuk bekerja di benua itu pada dasawarsa 60-an, namun dia dipulangkan ke Hong Kong untuk belajar di China Drama Academy.

Dia melewatkan waktu yang panjang di Canberra bersama orang tuanya dan sempat menjadi siswa SMA setempat.

Tinggal di Australia selama 40 tahun mengubah Charlie Chan dari kepala juru masak di kedutaan besar AS menjadi seorang pemilik restoran yang berhasil. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan sang aktor di Hong Kong sesudah istrinya meninggal.

"Australia dan Canberra benar-benar merawat keluarga saya selama lebih dari 40 tahun," kata Jackie kemudian menambahkan dirinya akan membuka pusat penelitian kedokteran universitas dengan nama keluarganya pada hari Minggu.

Jackie sebentar lagi akan bermain bersama Jet Li dalam film "The Forbidden Kingdom" yang pengambilan gambarnya akan dilakukan di China, selain itu, Jackie merupakan sosok pengkampanye Olimpiade Beijing tahun ini.

Dia mengatakan suatu saat akan memulangkan jasad kedua orangtuanya kembali ke China.

Charlie berasal dari provinsi Shandong, kata seorang kerabat keluarga, David Ng, kepada Reuters.(*)

    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write comments
  1. Wah penggemar Jackie Chan nie ye...klo q penggemar Jet Li ajah....

    salam bwt semuanya....di situ

    ReplyDelete
  2. klo untuk Asian Star aku suka JChan sama Jet Li juga buka aja, jetli.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini